Belajar Hal Baru, Setiap Hari!

Bagi saya, hidup yang menyenangkan adalah hidup yang dinamis. Sejak remaja saya selalu mendapat dukungan dari orang tua untuk bergabung sebagai gitaris dan bassist di beberapa band rock, terpilih menjadi anggota inti tim basket, dan bekerja paruh waktu sebagai penerjemah bahasa Inggris-Indonesia, semua begitu menyenangkan sekaligus menantang. Tidak ada hari yang terlewati tanpa belajar sesuatu hal baru.

ketika manggung delapan tahun lalu

Lalu datanglah rutinitas. Pekerjaan, anak, urusan rumah tangga. Jika tidak disikapi dengan tepat, hidup yang seharusnya selalu dinamis bisa berubah menjadi sesuatu yang stagnan dan membosankan. Tapi saya bukan tipe perempuan yang menyerah begitu saja terhadap keadaan.

Kita hidup di era modern, dimana ada teknologi bernama internet, yang memungkinkan kita untuk bebas mempelajari berbagai macam hal baru setiap hari.

Misalnya dalam hal musik. Meskipun sudah pensiun dari band, tetapi musik akan selau menjadi bagian penting dari hidup saya, bahkan sekarang anak saya, Bintang, 3 tahun, sudah mulai menunjukkan bakatnya dalam bermusik. Melalui internet saya bisa memuaskan rasa ingin tahu seputar band favorit dan update terbaru dari mereka. Saya bisa memperlihatkan video dan lagu anak-anak kesukaan Bintang melalui YouTube. Seperti lagu Twinkle-Twinkle Little Star ini yang liriknya berhasil dihafalkan dengan begitu cepat.

Selain internet, adalah teknologi digital yang membuat kami sekeluarga bisa menikmati musik di mobil, dirumah, dan melalui MP3 player yang setia menemani saya ketika olahraga pagi, atau di perjalanan menuju dan sepulang dari kantor. Saya percaya musik memiliki kemampuan luar biasa untuk memperbaiki mood yang jelek. Perempuan cantik tidak hanya dilihat dari luar tapi juga dari dalam, dan kondisi mood tentu saja berpengaruh terhadap inner beauty kita, bukan?

Nah, sehubungan dengan inner beauty, seringkali stress karena pekerjaan mengakibatkan kita tidak menikmati hidup. Padahal salah satu cara untuk dapat menikmati hidup adalah dengan menikmati pekerjaan kita.

Saat terbaik dimana saya menikmati pekerjaan adalah ketika saya berhasil menyelesaikan sebuah tantangan dengan baik. Hal ini  membawa kepuasan  tersendiri yang membuat saya merasa lebih berarti.

Misalnya ketika mendapatkan tugas baru untuk menangani impor barang dari luar negeri, pembayaran pajak, dan berurusan dengan bea cukai. Padahal saya tidak ada pengalaman. Tapi bukan perempuan di era digital namanya kalau cuman bisa bengong tanpa melakukan apa-apa. Saya coba cek beberapa teman yang ada di kontak BBM, Facebook, bahkan Twitter, dan kebetulan diantara mereka ada yang biasa menangani urusan impor. Saya ajak mereka bertemu dan share kesulitan saya, dan mereka pun dengan senang hati membantu. Lagi-lagi saya belajar hal baru hari itu.

Mungkin bisa dibilang perempuan modern jaman sekarang tidak bisa hidup tanpa teknologi. Saya sendiri sebelum ke salon untuk potong rambut, pasti akan menyempatkan diri untuk browsing contoh hair style yang kira-kira akan cocok. Lalu mengambil fotonya, dan mengirimkan ke suami untuk meminta pendapat. Ini adalah salah satu contoh dimana saya melibatkan “pihak terdekat” dalam mengambil keputusan, hehe.. Ketika merasa kangen dengan Bintang yang ada dirumah bersama baby sitter, saya telpon dan meminta dia untuk mengambil fotonya lalu mengirimkan ke saya. Saya merasa cukup beruntung punya baby sitter yang tidak gaptek.

belajar sesuatu, setiap hari!

Seperti apapun dinamika keseharian kita pada akhirnya tetap harus diimbangi dengan selalu bersyukur dan ikhlas menerima kehidupan yang diberikan Tuhan. Seringkali ketika melihat foto-foto yang tersimpan di komputer sejak bertahun-tahun lalu, saya tersenyum sekaligus merasa terharu betapa banyak perubahan yang telah terjadi pada keluarga, teman dan kerabat. Mereka yang dulu ada, kini tiada, yang dulu sehat, kini menderita sakit, yang dulu kecil sekarang remaja, dan seterusnya. Karunia Tuhan memang tidak mengenal batas, dan kita manusia begitu kecil dihadapan-Nya.

Kurang lebih begitu juga yang saya rasakan ketika berlibur ke lokasi yang begitu indah. Ketika suami sibuk mengambil foto kami sekeluarga, saya terkadang merasa begitu ingin membagi keindahan ini dengan orang lain. Apalagi kondisi jaman sekarang dimana tempat liburan alami dan bersejarah semakin minim tergusur oleh pusat-pusat perbelanjaan, membuat anak-anak semakin konsumtif dan melupakan budaya bangsanya sendiri. Hal inilah yang mendorong saya untuk membuat proyek pribadi berupa buku dengan tema panduan liburan anak, dimana saya akan berbagi lokasi-lokasi liburan alternatif yang dapat memperkaya pengalaman anak sekaligus mengenalkan budaya bangsa Indonesia kepada generasi penerus.

Perempuan modern adalah perempuan yang cerdas dan bisa berkarya sesuai kemampuannya. Ayo saling mendukung, saling berbagi pengetahuan serta informasi, dan belajar hal baru, setiap hari!

* * *

Tulisan ini dimaksudkan untuk diikutsertakan dalam kontes Fastron Blogging Challenge.

2 Comments

Filed under ALL POSTS

2 responses to “Belajar Hal Baru, Setiap Hari!

  1. Pingback: #22: Belajar Hal Baru, Setiap Hari | Fastron Blogging Challenge

  2. Berlibur itu menyenangkan apalagi sambil belajar……..
    buku islam

Leave a Reply

